Search

Kuliner Halal di Kota Phnom Penh

Sering merasa bingung tentang makanan saat traveling ke daerah yang muslimnya minoritas? Biasanya ini akan menjadi masalah penting saat kita berkunjung ke daerah atau negara yang muslimnya minoritas. Saya beberapa kali merasakan hal itu. Tapi biasanya sebelum berangkat ke daerah tujuan, saya sudah mempersiapkan beberapa trik untuk mensiasatinya. Dari beberapa kali berkunjung ke negara muslim minoritas, so far so good sih. Ga terlalu susah juga untuk mencari makanan yang halal.
Seperti perjalanan menjelang akhir tahun kemarin, saat saya berkeliling kota Phnom Penh. Karena di sana mayoritasnya bukan muslim, sangat wajar kalau makanan yang dijual pun sangat sedikit yang bisa dicicipi (kecuali mau sedikit “tutup mata”ya), apalagi street food-nya (padahal ya itu aroma street food-nya, bikin ngiler ga ketulungan πŸ˜…πŸ˜…). Selama perjalanan kemarin, saya mencoba beberapa cara agar masalah itu bisa tidak mengganggu acara jalan-jalan saya.

Pertama, di hotel. Karena fasilitas hotel sudah termasuk sarapan, tapi hati bimbang, walaupun kalau dilihat-lihat, makanan yang disajikan biasa saja. Supaya tidak bimbang, saya memilih hanya menyantap buah-buahan, omelet dan telur ceplok. Untuk omelet pun, saya berani makan karena saya lihat tidak ada daging-dagingan di bagian isiannya, hanya paprika dan daun bawang.

salad buah dan sayuran, salah satu pilihan aman untuk sarapan
kombinasi buah dan protein, selalu menjadi pilihan saya untuk memulai hari
omelet juga menjadi pilihan sarapan yang asyik

Kedua, saat di perjalanan. Rajin-rajinlah browsing untuk mencari info apakah ada restoran halal di sekitar situ. Dan hasilnya, saya dan teman-teman menemukan Warung Bali serta restoran India (namanya Namaste India) yang masakannya endeus dan tentunya halal. Oh iya, Warung Bali yang ada di kota Phnom Penh menjual segala macam masakan Indonesia, berlokasi di #25Eo, St 178, 12206, Cambodia. Buka setiap hari mulai pukul 9 AM – 3 PM dan pukul 5.30 – 9 PM. Pemiliknya bernama pak Firman, orang asli Karawang. Sementara restoran Namaste India menawarkan menu khas India yang tentunya kaya akan rempah ini berlokasi di #177A St 63 BKKI, Phnom Penh, Cambodia.

menemukan mi goreng enak di Warung Bali-nya pak Firman
Aloo Jeera (kentang berbumbu kari) dari restoran Namaste India
chicken 65, chicken pakora, aloo jeera, cheese garlic naan, tandoori roti, saffron rice dan biryani egg, semuanya $29 aja!

Ketiga, bawa bekal/cemilan. Saya termasuk orang yang suka sekali mengantongi coklat saat bepergian. Jadi, apabila tidak menemukan restoran yang menyajikan makanan halal, ga masalah…. cukup ngemilin coklat aja. Kenyang kok πŸ˜ƒ yah…. minimal ga pingsan lah saat harus jalan kaki keliling2 πŸ˜‚πŸ˜‚

saat darurat, sebotol banana milk dan tuna sandwich cukup kok

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.