EVY_5297

Year-End Trip #6 – Rekonstruksi Background Uang Kertas Rp 1.000 di Desa Fitu

EVY_5297

Pernah memperhatikan background yang ada di uang kertas Rp 1.000 edisi tahun 2013? Gambar 2 pulau yang saling berdekatan dengan sebuah perahu yang melintas di depannya. Dulu, saya selalu bertanya-tanya apakah itu foto real atau hanya lukisan imajinasi? Dan setelah berkali-kali browsing di Internet, akhirnya saya tahu bahwa itu adalah foto real. Dan sekarang, saya akan mengunjungi lokasi itu untuk melihat dengan mata kepala sendiri pemandangan indah yang ada di balik uang kertas Rp 1.000 itu.

 

EVY_5299
suasana sore di Desa Fitu

 

EVY_5302-2
kapal-kapal nelayan yang banyak tertambat di sepanjang Pantai Fitu

Ya, saya akan mengunjungi Desa Fitu, sebuah desa yang terletak di kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate, Maluku Utara, persis di pinggir pantai yang menghadap ke Pulau Maitara dan Pulau Tidore. Desa ini dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda 2 ataupun 4 sekitar 15-20 menit dari pusat Kota Ternate.  Desa Fitu, berbatasan dengan Desa Ngade di sebelah Timur dan Desa Gambesi di sisi Barat.

 

EVY_5314
suasana laut yang tenang di sore itu

 

EVY_5315
aktivitas masyarakat di sore itu

Sore itu suasana di Desa Fitu begitu tenang. Sinar matahari mulai terasa lembut di kulit, walau masih terlihat sedikit terang. Beberapa perahu terlihat hilir-mudik di sekitar pantai. Di kejauhan, Pulau Maitara dan Tidore terlihat jelas. Aktivitas masyarakat yang sedang melaut, mencari ikan dan membersihkan perahunya menambah sisi “kehidupan” dari pemandangan indah di sore itu.

 

IMG_9554
aktivitas beberapa orang penduduk di penghujung hari itu

 

EVY_5322
menunggu malam sambil membersihkan perahu

Bersabar menunggu moment matahari kembali ke peraduannya sembari menikmati indahnya Pulau Maitara dan Tidore di kejauhan, membuat sisa hari terasa begitu sempurna. Saya seperti tidak mau beranjak dari bibir pantai, menikmati hangatnya sentuhan cahaya matahari sore yang mulai terasa lembut membelai kulit, ditemani angin yang bertiup tipis, dan sayup-sayup suara kecipak air laut yang menyapa daratan. Sementara di sisi Barat, langit semakin berwarna merah jingga keemasan. Pantulannya di permukaan laut membiaskan aneka warna yang menambah cantik suasana sore itu di Desa Fitu.

 

EVY_5305
merah, kuning, jingga, hijau, biru

 

IMG_9552
officially, reconstruction done!

Mencoba mengabadikan suasana senja yang begitu indah, sembari merekonstruksi background pemandangan yang ada di balik uang kertas pecahan Rp 1.000 edisi tahun 2013 ditambah kehadiran sahabat-sahabat terbaik, bahagianya sempurna!

 

EVY_5317
bersama kalian, senja ini sempurna!

 

EVY_5324
yang motret, tetap motret….

 

EVY_5326
capture terus……

Mendapatkan beberapa scene indahnya Maitara dan Tidore di dalam 1 frame serta siluet aktivitas masyarakat di tepian laut cukuplah bagi saya. Selanjutnya, saya hanya ingin menikmati moment jingga keemasan ini hanya dengan diam, merekam seluruh keindahannya di dalam ingatan dan hati. Hi Fitu, you make me fall in love.

 

IMG_9556
perfect!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *