Year-End Trip #5 – Tolire dan Legendanya

EVY_5274

Matahari siang mulai beranjak semakin rendah mendekati garis horizon, perjalanan berlanjut menuju Danau Tolire. Danau dengan berbagai kisah yang masih menimbulkan banyak tanda tanya dan memerlukan jawaban. Danau Tolire terletak sekitar 10 km dari pusat Kota Ternate, di kaki Gunung Gamalama, gunung api tertinggi di Maluku Utara. Danau ini bentuknya unik dan penuh dengan cerita yang melegenda. Danau ini berjumlah 2, biasa masyarakat menyebutnya Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil, letaknya hanya terpisah jarak sekitar 200 meter.

 

EVY_5281
Danau Tolire Besar

 

EVY_5277
airnya yang hijau pekat, seolah menyembunyikan apa yang ada di dasarnya

 

Bentuk Danau Tolire Besar bak sebuah wadah raksasa yang dikelilingi oleh pepohonan hijau yang cukup rapat. Air danau berwarna hijau pekat, tenang, bertekstur kecil karena hembusan angin yang menyentuh permukaannya membuat sebuah pola unik yang seragam. Air di danau ini adalah air tawar dan dihuni oleh berbagai macam ikan. Namun, masyarakat setempat tidak ada yang berani menangkap atau mandi di danau itu, karena mereka percaya bahwa danau tersebut dihuni oleh banyak siluman Buaya.

 

EVY_5279
Gunung Gamalama yang menjadi latar belakang Danau Tolire

 

EVY_5280
pepohonan hijau, rapat, seperti pagar di sekeliling danau

 

Keunikan dari Danau Tolire ini adalah, apabila kita melemparkan batu ke arah tengah danau, sekuat apapun lemparan itu, batu yang dilemparkan tidak akan pernah menyentuh permukaan air di tengah danau. Batu yang dilemparkan seolah-olah menghilang begitu saja, atau jatuh di antara pepohonan yang tumbuh rapat di bagian pinggir danau. Saat tiba di danau tersebut, saya ingin mencoba merasakan sensasi melemparkan batu mengarah tengah danau dan membuktikan mitos yang beredar. Dan hasilnya, dari sekian banyak batu yang saya lemparkan, tidak ada satu pun yang terlihat menyentuh permukaan air danau. Entah ke mana semua batu yang saya lemparkan itu?

 

IMG_9538
cobalah untuk melempar batu ke arah tengah danau, dan lihat, apakah batu yang dilemparkan berhasil menyentuh permukaan airnya?

 

Mitos yang bernuansa mistis tidak hanya itu. Dipercaya bahwa asal-muasal Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil adalah karena terjadinya gempa bumi dahsyat yang disebabkan oleh hubungan asusila antara bapak dan anak gadisnya di sebuah desa yang dulu ada di situ. Hubungan asusila yang akhirnya berbuah bencana dahsyat dari Yang Maha Kuasa. Di mana lokasi sang ayah menjadi Danau Tolire Besar dan lokasi sang anak menjadi Danau Tolire Kecil.

 

EVY_5282
jalanan menuju lokasi Danau Tolire

 

Namun, terlepas dari semua legenda yang berkembang di masyarakat tersebut, tidak bisa dipungkiri bahwa keindahan Danau Tolire akan menghipnotis siapa pun yang datang ke sana. Hamparan danau seluas 5 hektar dengan kedalaman mencapai 50 meter ini sangat indah dan menarik. Berpadu dengan gagahnya Gunung Gamalama yang terlihat jelas di kejauhan.

Please follow and like us:
0

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.