EVY_5227

Year-End Trip #3 – Found Something Unique, Batu Angus

EVY_5227

Bekas aliran lahar dari letusan Gunung Gamalama membentuk sebuah area unik yang dikenal dengan nama Batu Angus. Terletak sekitar 10 km dari pusat Kota Ternate, di Kelurahan Kulaba, Kota Ternate. Batu Angus merupakan hamparan bekas aliran lahar letusan Gunung Gamalama yang membeku dan tampak seperti hangus terbakar. Hamparan batu-batu hitam dengan ukuran yang cukup besar ini membentang dari kaki Gunung Gamalama hingga ke tepi laut. Batuan yang telah membeku tersebut membentuk hamparan indah yang alami, berpadu dengan hijaunya Gunung Gamalama dan birunya lautan yang terhampar luas.

 

EVY_5226
Pulau Hiri terlihat jelas dari Batu Angus

 

EVY_5228
spot-spot di Batu Angus begitu fotogenik, cantik

 

IMG_9525
jalan setapak yang akan mengantarkan pengunjung menjelajahi seluruh area Batu Angus

Di area Batu Angus ini, terdapat beberapa gazeebo yang disediakan untuk pengunjung beristirahat sembari menikmati pemandangan alam Ternate. Sebuah jalan setapak dari beton terlihat membelah area Batu Angus, mulai dari area parkir hingga ke ujung. Beberapa tanaman hijau berbunga juga terlihat di sepanjang area Batu Angus. Luas area Batu Angus ini sekitar 10 ha.

 

IMG_9527
panasnya matahari siang bukan penghalang untuk menjelajahi area Batu Angus

 

EVY_5253
bahkan awan di atas Batu Angus pun membentuk formasi yang cantik

Konon cerita dari masyarakat, saat aliran lahar dari letusan Gunung Gamalama mengarah ke laut, Sultan Ternate menancapkan tongkatnya di tebing yang berbatasan langsung dengan laut, sehingga aliran lahar tersebut berhenti.

 

EVY_5246
buih putih pecah di antara bebatuan hitam di tebing

 

IMG_9532
bebatuan hitam tampak cantik bersanding dengan birunya lautan di perairan Ternate

 

EVY_5238
sejauh memandang, gradasi hijau biru tampak memanjakan mata

Apabila kita berdiri di pinggir tebingnya, maka akan terlihat gelombang laut yang pecah menghantam bebatuan hitam yang letaknya persis berbatasan langsung dengan laut. Buih putih mengembang setiap kali gelombang air laut menghamtam bebatuan hitam tesebut. Di kejauhan terlihat sebuah pulau, yang bernama Hiri.

 

EVY_5229
Pulau Hiri yang berpayung segumpal awan putih

 

IMG_9523
ada yang tahu ini pohon apa?

 

IMG_9529
Alamanda kuning ini banyak ditemui di area Batu Angus

Di area Batu Angus ini juga terdapat sebuah situs sejarah yang merupakan lokasi tewasnya seorang tentara Jepang yang sedang melakukan terjun payung di tahun 1945, di mana parasut yang dikenakannya ternyata tidak terbuka.

 

EVY_5249
Gunung Gamalama berselimut kabut siang itu

 

IMG_9530
perjalanan belum selesai, let’s go!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *