Tour De Belitung Timur 2013 #19 – Malam Hiburan with Backpacker ^.*



Rangkaian acara Tour De Belitung Timur 2013 hari ke-3 ini ditutup dengan menghadiri acara malam keakraban di arena hiburan rakyat yang kebetulan sedang berlangsung di Belitung Timur. Jadilah malam itu, setelah ber-sunset ria di Bendungan Pice, bersih-bersih dan makan malam di penginapan, saya dan teman-teman berbondong-bondong menuju lokasi acara hiburan rakyat.


Di sana saya melihat banyak stand-stand yang menampilkan berbagai kerajinan rakyat Belitung, termasuk makanan khasnya. Beberapa kantor pemerintahan juga ikut berpartisipasi dan menampilkan produk-produk andalannya. Dan malam itu, diumumkan lah siapa yang meraih stand terbaik, dan berbagai pemenang doorprice yang jumlahnya cukup banyak. Ada seorang adik kecil yang beruntung memenangkan sebuah sepeda gunung, yang ukurannya jauh melebihi besar badannya. Jadi pada saat harus berfoto dengan hadiah yang dimenangkannya, si adek kecil itu terlihat lucu, hehehehehe…


atraksi perkelahian tradisional Belitung Timur


Di sana pula saya melihat atraksi tradisional Belitung Timur, berupa perkelahian semacam silat, namun sepertinya melibatkan tenaga dalam. Pada pertunjukan ini ada 2 orang laki-laki bertelanjang dada dengan menggunakan celana komprang hitam dan bertikat kepala dengan motif serupa, keduanya memegang sebilah tongkat panjang. Ada seorang tetua adat/dukun yang akan mendampingi mereka di arena perkelahian. Sebelum perkelahian dimulai, sang tetua adat akan mambacakan doa keselamatan agar kedua orang itu tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Setelah aba-aba diberikan, kedua lelaki itu pun mulai berkelahi dengan mempergunakan tongkat yang mereka pegang. Masing-masing berusaha untuk memukul badan lawannya dengan tongkat tersebut.


Saya sebenarnya lumayan ngeri melihatnya. Kebayang perih dan sakitnya badan yang terkena sabetan tongkat itu. Tapi….. ternyata badan ke-2 pemain itu ga kenapa-kenapa lho. Setelah selesai pertunjukan, ke-2 pemain itu menunjukkan bagian tubuhnya yang terkena sabetan tongkat, dan tidak ada luka di situ!!! Wow….
Padahal saya sudah membayangnya pasti punggung mereka akan berdarah-darah terkena sabetan tongkat dari lawannya. Huft….


kebayang sakitnya disabet pake tongkat kayu itu…. hiiii….


Pertunjukan perkelahian itu adalah penutup acara pada malam hiburan tersebut. Dan akhirnya, rombongan Tour De Belitung Timur 2013 pun bergegas pulang ke penginapan untuk berkemas, karena besok adalah hari terakhir kami menjelajah Belitung Timur ini sebelum pulang ke Jakarta. Hiks…. masih belum puas keliling-kelilingnya…  


Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.