Tour De Belitung Timur #2 – Bukit Pangkuan

 
 
 
Tujuan pertama setelah rombongan Tour De Belitung Timur 2013 tiba di Belitung adalah Bukit Pangkuan. Ada apa di Bukit Pangkuan???
 
 
ini tour guide kami, namanya Robi
 
Bis orange yang saya naiki perlahan mulai menggelindingkan roda bundarnya di atas hitamnya aspal parkiran bandara H. A. S. Hanandjoeddin Tanjung Pandan. Karena ini rombongan resmi as a special guest of Disbudpar Kabupaten Belitung Timur, di dalam bus ada beberapa guide yang dengan detil menceritakan apa saja yang dilewati selama perjalanan. Guide di bis yang saya tumpangi bernama Robi, yang di akhir rangkaian acara baru saya tahu bahwa Robi juga adalah seorang pemilik Trip Organizer di Belitung Timur.
Dengan sabar Robi menjelaskan desa apa saja yang kami lewati, apa yang menjadi ciri khas dari setiap desa, apa mata pencaharian dari mayoritas masyarakatnya dan berbagai informasi detil lainnya.
Perjalanan menuju Bukit Pangkuan sangat lancar. Ga macet seperti di Jakarta.
Di kanan dan kiri jalan terlihat alam yang masih hijau, pemukiman warga pun terlihat tidak begitu padat. Jalanan beraspal hitam terlihat lengang, hanya 1, 2 kendaraan yang melintas, sungguh beda dengan Jakarta ya :D
 
jus rumput laut
 
Oh iya, sebelum berangkat tadi, di bis kami disuguhi minuman olahan dari rumput laut yang diproduksi di Belitung Timur. Yummy deh…
Di siang yang begitu panas, dapat suguhan minuman dingin yang manis, rasanya……… hmm… sluuuurrrrppppp…..
  
Setelah menempuh perjalanan sekitar 2 jam, dari Kota Tanjung Pandan ke Desa Mentawak Kelapa Kampit, akhirnya kami tiba di Bukit Pangkuan.
Di hadapan kami terbentang dataran tinggi dengan pohon-pohonnya yang rindang, di beberapa sudut terlihat pondok-pondok kayu yang teduh. Beberapa permainan outdoor juga ada di situ, seperti flying fox, ATV, high ropes dan lain-lain.
Menurut itinerary, kami akan menikmati makan siang di Bukit Pangkuan ini.
 
  
berkumpul, kenalan, dapet cerita tentang Bukit Pangkuan
 
Dan jadi lah siang itu, sambil berkumpul di lantai 2 pondok kayu yang ukurannya paling besar, kami saling memperkenalkan diri, mas Santos sebagai koordinator dari Jakarta menyampaikan bebrapa kalimat pengantar, kemudian kami mendengarkan cerita dari seorang bapak yang menjadi pengelola agrowisata Bukit Pangkuan. Acara ditutup dengan makan siang bersama sambil menikmati semilir angin yang sejuk, yang bikin mata saya kriyep-kriyep dan ingin segera merem :D
 
  
di Jakarta, mana bisa liat langit yang biru kayak gini…
Penasaran ga dengan pemandangan di Bukit Pangkuan? Nih beberapa fotonya.
Dengan langit berwarna biru terang, ditaburi beberapa gumpalan awan putih, pohon-pohon menghijau terhampar, rerumputan, dan hembusan angin semilir, suasana di Bukit Pangkuan sungguh menggoda untuk berlama-lama dinikmati.
Terbayang, saya bisa memasang hammock di antara 2 batang pohon besar, kemudian merebahkan tubuh di atasnya, berayun mengikuti angin yang bertiup sambil memejamkan mata. Pasti asyik banget ya…
 
tuh… ada danaunya juga nun jauh di sana
Untuk sementara, bisa deh lupa dengan setumpuk do to list yang tertempel di dinding cubicle. Mari kita nikmati suasana di Bukit Pangkuan.
 
pasang hammock di sini asyik nih kayaknya ^.*
Saya ingin bercerita sedikit mengenai Bukit Pangkuan. Bukit Pangkuan merupakan sebuah kawasan agrowisata yang terletak di Desa mentawak Kelapa Kampit, Belitung Timur, dengan luas sekitar 120 hektar. Penggagas berdirinya kawasan agrowisata ini adalah bapak H. Usmandie Andeska. Kawasan agrowisata Bukit Pangkuan dibuka secara resmi pada bulan Juni 2013. Menurut pengelolanya, ke depannya Bukit Pangkuan diharapkan akan menjadi obyek wisata alternatif bagi turis lokal, domestik dan manca negara yang datang ke Belitung Timur. Dan pengelola akan melengkapinya dengan berbagai fasilitas penunjang seperti kolam renang, kolam pemancingan, wahana permainan air, cottages, toilet, paint ball, camping ground dan wahana permainan untuk anak-anak.
 
salah satu sudut kawasan agrowisata Bukit Pangkuan
Nah, jadi nanti kalau kita berkunjung ke Belitung, boleh deh sekalian singgah ke kawasan agrowisata Bukit Pangkuan ini. Pasti menyenangkan!
jalan setapak dari beton menjadi jalur utama di tengah kawasan agrowisata Bukit Pangkuan
mari kita berwisata…
pemandangan dari atas pondok kayu utama di Bukit Pangkuan
Perjalanan belum usai lho….
Masih banyak destinasi menarik lainnya ^.*


 
 
 
 
Please follow and like us:
0

COMMENTS

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.